Memilih Buku Yang Tepat
  1. Home
  2. Memilih Buku Yang Tepat Untuk Anak
icon user

Rumah Dandelion Official

Remaja

Memilih Buku Yang Tepat Untuk Anak

Memilih buku anak seringkali menjadi hal yang sulit bagi orang tua. Ketika dihadapkan pada berbagai pilihan di toko ataupun bazaar buku, orang tua kerap bingung memilih mana buku yang paling sesuai untuk anak. Melalui artikel ini, simak sama-sama yuk hal apa saja yang bisa perlu dipertimbangkan dalam memilih buku anak!

Bahan Buku

Ketika memilih buku anak, kadang kita langsung fokus pada isinya. Akan tetapi, sebelum beranjak ke isi, lebih baik kita kenali dulu bahannya. Ambil contoh, untuk anak bayi di bawah 6 bulan, buku berbahan kain dapat menjadi pilihan. Selain mudah dipegang sendiri untuk melatih kekuatan genggaman tangan, buku tidak akan membahayakan bayi jika terjatuh menimpanya. Untuk anak usia di bawah 2 tahun, orang tua juga bisa membelikan buku berbahan karton keras yang tidak mudah sobek atau basah sehingga orang tua tidak perlu khawatir ketika anak mencoba membaca buku mereka sendiri.

Warna Buku

Bagi bayi-bayi yang baru lahir sampai usia sekitar 3-4 bulan, orang tua dapat memilih buku yang berisi warna kontras, seperti merah-hitam atau putih-hitam untuk menstimulasi indra visual mereka. Mengapa berwarna kontras? Bayi belum bisa melihat sempurna, mereka akan sangat tertarik melihat warna-warna yang kontras dan tajam. Akan tetapi, terlalu banyak warna kadang menjadi terlalu membingungkan bagi mereka. Oleh karena itu, pilihlah buku dengan warna kontras yang tidak terlalu banyak. Bagi bayi dengan usia 4 bulan ke atas sampai usia 2 tahun, buku yang warna-warni akan lebih menarik. Meskipun sebagai orang tua kadang kita lebih tertarik dengan buku-buku berwarna pastel dan lembut, anak-anak akan lebih suka buku dengan warna-warni yang terang.

Tema Buku

Anak-anak memiliki periode-periode sensitif untuk tema-tema tertentu. Orang tua bisa memanfaatkan ini untuk membeli buku anak. Sebagai contoh, anak usia 1 tahun ke atas lebih sensitif dengan kata dan binatang-binatang. Biasanya mereka tertarik dengan gambar atau mainan berbentuk binatang. Di usia 1,5 tahun, biasanya anak tertarik dengan alat transportasi sehingga pilihlah buku-buku dengan tema alat transportasi. Di usia 2-3 tahun, anak tertarik dengan berbagai profesi, buku-buku yang kita pilih pun dapat bertema hal serupa. Orang tua dapat menyesuaikan dengan minat anak di periode tersebut.

Bahasa Buku

Buku yang dipilih terutama pada usia-usia yang sudah berkembang bahasanya sebaiknya sesuai dengan bahasa yang ingin dikenalkan orang tua. Hal ini juga untuk membantu anak dalam meningkatkan kemampuan prabacanya. Meskipun anak usia 3 tahun belum bisa membaca, mereka mulai mengenali bentuk. Kebingungan dapat terjadi misalnya ketika mereka melihat gambar kucing dan bentuk tulisan “cat” lalu orang tua mengatakan bahwa itu bacanya “kucing”

Nah, kurang lebih hal-hal ini lah yang perlu dipertimbangkan orang tua ketika memilih buku anak. Semoga semakin terbantu dalam mempertimbangkan buku apa yang cocok untuk anak-anak di rumah ya. Selamat membaca!

Artikel Lainnya