Tahukah Anda Bahwa Keluarga Memiliki Tahapan Perkembangannya Sendiri
  1. Home
  2. Tahukah Anda Bahwa Keluarga Memiliki Tahapan Perkembangannya Sendiri
icon user

Rumah Dandelion Official

Remaja

Tahukah Anda Bahwa Keluarga Memiliki Tahapan Perkembangannya Sendiri

Tiap manusia akan menjalani tahapan perkembangan sepanjang hidupnya, mulai dari bayi, balita, anak usia sekolah, remaja, dewasa, hingga lansia. Tidak hanya manusia yang memiliki tahapan perkembangan, unit yang bernama KELUARGA juga memiliki tahapan perkembangannya sendiri. Seorang tokoh psikologi bernama Duvall (1985) mengemukakan teorinya yang disebut dengan Perkembangan Pernikahan dan Keluarga.

Ia mengemukakan bahwa tahapan perkembangan terdiri dari 8 tahap, disesuaikan dengan situasi anak tertua. Mengapa? Karena perkembangan dan penambahan usia yang dialami oleh anak tertua akan menarik unit keluarga tersebut untuk berkembang dan memasuki ke pengalaman-pengalaman baru. Kedelapan tahapan tersebut adalah:

  1. Pasangan menikah (tanpa anak)
  2. Keluarga dengan anak bayi (usia anak pertama 0 -30 bulan)
  3. Keluarga dengan anak usia prasekolah (usia anak pertama 2.5 – 6 tahun)
  4. Keluarga dengan anak usia sekolah (usia anak pertama 6 – 13 tahun)
  5. Keluarga dengan anak remaja (usia anak pertama 13 – 20 tahun)
  6. Keluarga dengan anak usia dewasa muda (anak pertama mandiri hingga anak terakhir mandiri)
  7. Orangtua usia paruh baya (anak-anak mandiri hingga orangtua memasuki masa pensiun)
  8. Anggota keluarga lansia (Masa pensiun hingga meninggal)

Tiap tahapan di atas, memiliki tugas perkembangannya masing-masing, disebut dengan Tugas Perkembangan Keluarga. Tugas Perkembangan merujuk pada kemampuan seseorang (atau dalam hal ini unit keluarga) untuk menyelesaikan tantangan yang ada, agar dapat mengembangkan perasaan puas atas tahap yang sedang dijalani dan menjadi dasar pijakan untuk masuk ke tahap berikutnya. Ketika tugas perkembangan keluarga ini tidak dapat diselesaikan dengan baik,  Duvall mengatakan bahwa unit keluarga tersebut akan beresiko untuk mengalami ketidakbahagiaan dan kesulitan dalam menjalani perannya di tahapan berikutnya. Dari penelitiannya juga, Duvall menemukan bahwa ada durasi waktu rata-rata sebuah keluarga berada di tahap tertentu

Di artikel yang terpisah, akan dibahas masing-masing tugas perkembangan dan tantangan di tiap tahapnya (artikel dapat dibaca di sini). Kalau dari pembagian yang ada menurut Duvall ini, sedang berada di perkembangan keluarga tahap manakah Anda? Menurut pemaknaan Anda pribadi, apakah tahap sebelumnya sudah dijalani dan diselesaikan dengan memuaskan dan optimal? ?

Artikel Lainnya